;
;

Selasa, 15 April 2008

Step 1. Menilai Teknologi dan Trend Permintaan (demand)

Keputusan untuk melakukan insourcing/outsourcing untuk setiap produk, proses, atau layanan harus dibuat secara relatif dan tidak berulang kali dalam artian : level kebutuhan investasi biasanya sangat penting, jumlah karyawan membutuhkan implementasi kerja yang efektif sebuah keputusan utama sangatlah mahal dan akan menimbulkan lead time yang lama yang berhubungan dengan implementasi/ pelaksanaan keputusan.

Efek/ pengaruh jangka panjang dari keputusan ini selama efek taktis jangka pendek dari keputusan melakukan insourcing/ outsorcing dalam keadaan baik maka keputusan harus mempertimbangkan tujuan dan kriteria yang subyektif. Semua aspek dari keputusan yang diambil selanjutnya harus dipertimbangkan dari berbagai macam perspektif, termasuk keuangan, operasional, perencanaan, teknologi teknis, pemasaran dan penjualan, serta pengadaan dan pembelanjaan (purchasing).

Gambar 7.2. Kandidat Pelayanan untuk Outsourcing

* Kekuatan kinerja-keamanan,penjagaan gedung (janitorial), dll * HMO

* Pelayanan informasi * MRO inventory

* Programming * Kegunaan (utility)

* Manajemen sumberdaya manusia * Pelayanan pengangkutan

* Pengadaan (procurement) * Buruh sementara

* Daftar gaji (payroll) * Outplacement

* Logistik third-party * Printing/copying

* Pelayanan kepuasan konsumen

Tidak ada komentar: